Lagu Tanoh Lon Sayang adalah lagu Wajib Daerah Aceh selain Bungong Jeumpa dan Aneuk Yatim.
Lagu ini memang sangat terkenal dikalangan masyarakat Aceh dan dan telah
terpilih menjadi lagu Wajib Daerah Aceh pada tahun 2007.
Sementara itu, ada beberapa sumber yang mengatakan dan meyakini bahwa lagu Tanoh
Lon Sayang merupakan ciptaan Anzib
Lamnyong seorang diri dengan judul asli Aceh Lon
Sayang. Tanoh Lon
Sayang yang dipercaya merupakan ciptaan komponis
T. Djohan dan Anzib Lamnyong pun menjadi sedikit kontrofersi.
Anzib Lamnyong, Maestro Aceh Pencipta Lagu Aceh Lon Sayang (Foto: Pictaram.com) |
Menurut ulasan music.or.id,
mereka mengatakan bahwa Lagu Aceh Lon Sayang termaktub di halaman pertama buku Irama Dairah Atjeh dengan judul ‘Atjeh Lon Sajang’. Mereka percaya, T. Djohan dan Anzib Lamnyong memang telah
menghasilkan banyak lagu yang sekarang dianggap sebagai warisan endatu, seperti
lagu Mars Iskandar Muda, Cut Nyak Dhien, Bungong Keumang, Teungku Tjhik Di
Tiro, Teuku Oemar, dan lain-lain. Tetapi, setelah menemukan bukti tertulis tersebut,
mereka percaya bahwa judul asli lagu Tanoh
Lon Sayang adalah Aceh Lon Sayang,
dan diciptakan oleh sang maestro musik Aceh, almarhum Anzib Lamnyong.
Semasa hidupnya, Anzib Lamnyong telah
menciptakan ratusan lagu yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu Irama Daerah Atjeh (1916-1967), Buhu Atjeh (1950-an) dan Irama Atjeh Baroe (sejak 1964).
Lagu Aceh Lon Sayang termasuk lagu-lagu yang diciptakannya pada masa IDA,
dibuat tahun 1955 dan diberi nomor 50.
Menurut mereka, setelah buku itu
diterbitkan (1966), kemungkinan besar pernah ada kolaborasi antara T. Djohan
dan Anzib untuk merubah lagu tersebut, sehingga T. Djohan juga dianggap sebagai
bagian dari pengarang.
Selain sebagai seorang Maestro musik
Aceh, Anzib Lamnyong yang memiliki nama asli Abdul Aziz ini juga dikenal
sebagai sastrawan. Pria kelahiran 1892 di Silang Kampung Rukoh (wilayah
Darussalam) Banda Aceh itu juga pernah
menjadi guru di beberapa Sekolah Rakyat dan pensiun pada tahun 1957.
Kreatifitasnya bermula sejak tahun
1927 saat ia mulai menulis berbagai cerita pendek untuk dimuat di berbagai
surat kabar terbitan Medan. Namun, sejak tahun 1916 ia telah mengumpulkan berbagai
karya sastra dan budaya Aceh sebagai wujud kecintaannya di bidang bahasa dan
sastra. Anzib juga pernah memberikan kursus bahasa Aceh pada opsir-opsir
Belanda.
Karir seninya mulai dibangun sejak
ia belajar bermain biola pada tahun 1914-1916. Karena kepiawaiannya itu, ia
menjadi violis dalam muziek-vereeniging
Aceh Band yang dipimpin oleh ABC
Theuvenet antara tahun 1917 sampai 1920. Setelah itu, ia menjadi violis di
Deli Bioskop Kutaraja. Ia juga bergabung dengan Muziek-vereeniging De
Endracht. Tak puas hati, pada tahun 1922, ia pun mendirikan grup musik
sendiri yang diberi nama laasmuziek di Lamnyong sampai tahun 1926.
Sesudah itu hampir, ia vakum dalam dunia musik hampit seperempat abad lamanya.
Baru pada tahun 1955 ia kembali bermusik.
Setelah kembali bermusik, ia menjadi
violis orkes daerah Indahan Seulawah dan memainkan lagu-lagu daerah yang
disiarkan melalui RRI Kutaraja. Lagu-lagu yang sempat populer waktu itu di
antarnya Atjeh Lon Sayang, Nanggroe Atjeh, Bungong, Sulthan Iskandar
Muda, Gunongan, Prang Atjeh dan sebagainya yang merupakan karangan
Anzib dan kawan-kawan.
Tahun 1959, grup ini terpaksa harus
bubar karena perbedaan pendapat antara DA Manua dan Anzib.
DA Manua menginginkan segi-segi hiburan lebih ditingkatkan dengan tidak
semata-mata membawakan lagu-lagu daerah. Perselisihan tersebut terlukis dalam
beberapa catatan harian Anzib. “DA. Manua kurang mengetahui bahwa di daerah
Aceh juga mempunyai lagu-lagu sendiri yang khas,” tulis Anzib dalam catatan
hariannya tahun 1961.
Lain halnya dengan Anzib Lamnyong, tidak
banyak informasi yang menjelaskan siapa itu T. Djohan. Sebagian orang
mengaitkannya dengan almarhum Mayjen Teuku Djohan yang pernah menjadi Wakil
Gubernur Aceh.
"Almarhum ayah saya, nyanyi pun tidak bisa. Jadi tidak benar kalau pecipta lagu Tanoh Lon Sayang adalah ayah saya,” ujar Teuku Irwan Johan sebagaimana kami kutip dari Atjehpost.co.
Berarti, besar kemungkinan Teuku Djohan yang dimaksud bukanlah Mayjen Teuku Djohan yang pernah menjadi Wakil Gubernur Aceh itu. Mungkin Teungku Johan yang lain yang mungkin seorang musikus sahabar dekat Anzib.
Teks Asli Lagu Aceh Lon Sayang
Menurut berbagai sumber, Lagu Tanoh Lon Sayang sebenarnya
adalah versi pendek dari lagu karya Anzib Lamnyong berjudul Aceh Lon Sayang atau
dalam ejaan lama ditulis ‘Atjeh Lon Sajang’. Meski tak ada bukti konkrit
perubahan lagu Aceh Lon Sayang menjadi Tanoh Lon Sayang adalah kesepakatan
bersama antara Teuku Djohan dan Anzib, yang pasti, lagu Aceh Lon Sayang
diciptakan Anzib seorang diri.
Ulasan Atjehpost.co dan musik.or.id menunjukkan lagu versi panjangnya dalam buku karya
Anzib Lamnyong berjudul Irama Dairah Atjeh. Dalam buku yang diterbitkan tahun
1966 itu tertulis bahwa lagu Atjeh Lon Sajang diciptakan tahun dengan
tulisan pada kanan atas terdapat tulisan :lagee
ngoen sjaee (lagu dan lirik) ditulis oleh ANZIB.
Teks Asli Lagu Aceh Lon Sayang (Foto: Atjehpost.co) |
Berikut adalah lirik aslinya:
ATJEH LON SAJANG
1.
Dairah Atjeh tanoh lon sajang
Sabab disinan teumpat lon lahe
Tanoh keuneubah endatu mojang
Nibak teumpat njan lon udep mate
Dairah Atjeh tanoh lon sajang
Sabab disinan teumpat lon lahe
Tanoh keuneubah endatu mojang
Nibak teumpat njan lon udep mate
Di sinan teumpat gampong
halaman,
Lampoh deungon blang luah bukon le
Laot ngon darat seuneubok ladang
Leupah le sinan djiteuka wase
Lampoh deungon blang luah bukon le
Laot ngon darat seuneubok ladang
Leupah le sinan djiteuka wase
2.
Mita raseuki tjari makanan,
Deungon peukajan bandum Tuhan bri
Hukum sjariat teeebet seumbahjang
Inong ngon agam geupubuet sare
Mita raseuki tjari makanan,
Deungon peukajan bandum Tuhan bri
Hukum sjariat teeebet seumbahjang
Inong ngon agam geupubuet sare
Wareh ngon kawom karong ngon
rakan,
Meuhimpon sinan hana tom meutjre
Meuaneuk tjutjo lam makmu aman
Han saeue sinan njang na meuseuke
Meuhimpon sinan hana tom meutjre
Meuaneuk tjutjo lam makmu aman
Han saeue sinan njang na meuseuke
3.
Na pat lon peugah susah sukaran
Bak wareh rakan diuneuen ngon wie
Na soe tem tem tulong, 'oh matee alang
Na soe tem tanom, 'oh watee mate
Bak wareh rakan diuneuen ngon wie
Na soe tem tem tulong, 'oh matee alang
Na soe tem tanom, 'oh watee mate
Keuredja udep na soe peutimang
Na soeu peuseunang keureudja mate
Hate njang susah lon rasa seunang
Atjeh lon sajang sampoe 'an matee
Na soeu peuseunang keureudja mate
Hate njang susah lon rasa seunang
Atjeh lon sajang sampoe 'an matee
Pada pengantar buku itu, Anzib
mewanti-wanti bahwa semua syair dalam buku itu baru dapat dinyanyikan oleh
orang lain atas persetujuannya. Ia bahkan melarang mengganti nada
lagunya.
Larangan itu ditulisnya dalam
kalimat seperti ini:
Bandum sjae ngon panton dalam buku
njoe, maseng-maseng ka na buku iramadji deungon not balok atawa not angka. Bek
sagai-sagai geupeunjanji deungon lagu2 laen. (Semua
syair dan pantun dalam buku ini, masing-masing sudah ada iramanya dengan not
balok atau not angka. Jangan sekali-kali menyanyikannya dengan nada
lain).
Soe njang meunabsu keu buku
iramadji, djeuet geulakee bak peungarangdji deungon geumeurunoe
beukeubit-keubit. Meunjo ka djeuet ka geudeungo le pengarang, baro geubri
peureuseutudjuan, djeuet geumeuen ditempat umum atau Studio RRI. (Barang siapa yang ingin iramanya, bisa meminta kepada
pengarangnya dengan syarat dipelajari sungguh-sungguh. Kalau sudah mendapat
persetujuan dari pengarang, barulah boleh dinyanyikan di tempat umum atau di
Studio RRI).
Buhu ngen sjae dalam buku njoe
nakeuh hak peungarang njang djeuet geutuntut nibak peungadelan meunurot
peuratoran undang2 Negara Republik Indonesia.
(Syair dalam buku ini adalah hak pengarang yang bisa dituntut di pengadilan
menurut undang-undang Negara Republik Indonesia.
PEUNGARANG,
BANDA ATJEH, DJULI 1966
Posting Komentar